Untuk merancang sebuah program yang dapat melayani sistem tagihan ini, dapat kita gunakan design pattern Template untuk rancangan dasarnya. Design pattern Template adalah sebuah design pattern di mana kelas-kelas yang ada mengikuti sebuah pola/template dari sebuah kelas utama/superclass. Ciri-ciri dari design pattern ini adalah adanya satu atau beberapa kelas abstrak pada superclass yang harus di override terlebih dahulu. Selain itu di dalam superclas terdapat satu atau beberapa fungsi yang mendefinisikan bagaimana cara kelas-kelas abstrak tadi harus dijalankan. Design pattern ini cocok untuk sistem di mana dibutuhkan proses-proses yang sebenarnya serupa antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga semua fungsinya tidak perlu dibuat secara berulang-ulang, hanya perlu menulis fungsi yang perlu di override saja.
Dalam contoh kali ini, kita akan membuat sebuah sistem tagihan yang akan melayani tiga jenis layanan penagihan, yaitu air, listrik, dan telepon.
A. Diagram Kelas
Pertama-tama, kita buat terlebih dahulu diagram kelasnya:
Untuk menjalankan program, kita akan menggunakan sebuah kelas yang hanya memiliki fungsi main() yaitu kelas ProgramDemo, sehingga Class Diagramnya dalam aplikasi BlueJ adalah seperti berikut:
B. Implementasi dalam Bentuk Code
Untuk source code hasil implementasi dapat dilihat di sini.
C. Hasil Akhir
Hasil akhir dari program di atas adalah sebagai berikut:
Referensi:
https://www.tutorialspoint.com/design_pattern/template_pattern.htm
http://www.oodesign.com/template-method-pattern.html
No comments:
Post a Comment