Sunday, October 2, 2016

Analisis SWOT untuk Sistem Konsulatsi Desain Bangunan

Kali ini, berdasarkan post saya sebelumnya, saya akan membuat analisis SWOT untuk sistem konsultasi desain bangunan. SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness(kelemahan), Opportunity(keuntungan), Threat (ancaman). Analisis ini berguna untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari sistem informasi yang akan kita buat. Dari rancangan yang sudah ada, dapat dibuat analisis singkatnya sebagai berikut:

Strength

- Memudahkan interaksi antara konsultan desain bangunan dan konsumen, sehingga konsumen tidak perlu bertemu secara fisik.

-Memudahkan pengelolaan data dalam jumlah banyak. Sehingga banyaknya konsumen tidak akan mengganggu aktivitas konsultan secara signifikan.

-Kelebihan database secara umum juga akan memudahkan proses kerja sehari-hari, seperti misalnya data yang selalu up to date, tidak mudah rusak, tidak memakan banyak tempat, dan keamanannya terjamin.

Weakness

- SIstem yang akan dibuat bisa jadi sangat kompleks karena banyaknya data dengan berbagai jenis yang akan digunakan atau diolah, seperti misalnya parameter-parameter desain rumah yang diinginkan.


Opportunity

-Pada masa kini, sudah banyak orang yang memiliki gadget yang tersambung dengan layanan Internet, sehingga mudah untuk diakses.

- Tingkat kesadaran akan seni masyarakat modern semakin meningkat, sehingga kebutuhan akan desain rumah yang baik ikut naik.

Threat

- Masih mungkin terdapat calon konsumen atau konsultan yang memiliki pemahaman yang rendah dalam penggunaan gadget, sehingga sulit untuk dapat menggunakan sistem ini.

- Biaya untuk pembuatan dan penggunaannya bisa jadi lebih tinggi dari pada menggunakan metode tatap muka langsung.

No comments:

Post a Comment