Sunday, October 16, 2016

Sequence Diagram, Class Diagram, CRC Card, Use Case Diagram, dan Activity Diagram dari Video Game "Tetris"

Tetris merupakan salah satu video game yang sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat dunia. Game yang membutuhkan taktik dan koordinasi ini sangat sederhana namun merupakan salah satu batu loncatan dalam perkembangan dunia game. Dalam post saya kali ini, saya akan membedah source code dari salah satu versi Tetris yang ada (Sumber: zetcode.com/gui/wxwidgets/thetetrisgame) untuk membuat Activity Diagram, Use Case Diagram, CRC Card, Class Diagram, dan Sequence Diagram dari source code tersebut. Hal baru yang akan kita bahas di sini adalah Sequence Diagram dan Activity Diagram. Sequence Diagram adalah diagram yang menunjukan alur berjalannya sebuah fungsi dari sebuah kelas dari awal hingga akhir serta hubungan kerjanya dengan objek-objek atau fungsi-fungsi lainnya. Sementara Activity Diagram adalah diagram yang menunjukan alur kerja suatu program secara garis besar.

Dalam kasus ini, kode yang digunakan menggunakan library wxWidget. Pembuatan diagram di bawah tidak akan melibatkan fungsi-fungsi wxWidget yang digunakan.

A. Source Code

Source code yang akan digunakan terbagi menjadi delapan bagian:
1. Pengatur rancangan bentuk:

  • Shape.h
  • Shape.cpp
2. Pengaturan game logic pada Tetris dan mekanisme lainnya: 
  • Board.h
  • Board.cpp
3. Inisiator program Tetris:
  • Tetris.h
  • Tetris.cpp
4. Kelas main program Tetris:
  • main.h
  • main.cpp

Source code dapat dilihat di website sumber (zetcode.com/gui/wxwidgets/thetetrisgame) atau di github.com/antoniuskevin/pplkelasc

Contoh hasil:


B. Sequence Diagram

Pembuatan Sequence Diagram tidak akan terlalu rumit karena sebagian besar dari isi kode di atas adalah fungsi yang tidak berhubungan dengan objek lainnya.

C. Class Diagram

Dari source code di atas, dapat dibuat class diagram-nya sebagai berikut:


D. CRC Card

Dari class diagram di atas, dapat kita buat kumpulan CRC Card yang menggambarkan kelas-kelas di atas sebagai berikut:


E. Use Case Diagram

Dari CRC Card yang ada dapat kita buat Use Case Diagram dari program Tetris ini. Di Use Case Diagram ini, akan terdapat dua aktor, yaitu Player dan Computer/CPU 


F. Activity Diagram

Untuk yang terakhir, dari data yang ada kita dapat membuat Activity Diagram yang menggambarkan alur kerja dari game Tetris sebagai berikut:
Gambar full size dapat dilihat di github.com/antoniuskevin/pplkelasc


Catatan:
- Pembuatan diagram menggunakan software "Star UML", Microsoft Excel, Paint, dan situs web draw.io

No comments:

Post a Comment