Dalam kasus ini, kode yang digunakan menggunakan library wxWidget. Pembuatan diagram di bawah tidak akan melibatkan fungsi-fungsi wxWidget yang digunakan.
A. Source Code
Source code yang akan digunakan terbagi menjadi delapan bagian:
1. Pengatur rancangan bentuk:
- Shape.h
- Shape.cpp
2. Pengaturan game logic pada Tetris dan mekanisme lainnya:
- Board.h
- Board.cpp
3. Inisiator program Tetris:
- Tetris.h
- Tetris.cpp
4. Kelas main program Tetris:
- main.h
- main.cpp
Source code dapat dilihat di website sumber (zetcode.com/gui/wxwidgets/thetetrisgame) atau di github.com/antoniuskevin/pplkelasc
Contoh hasil:
Contoh hasil:
B. Sequence Diagram
Pembuatan Sequence Diagram tidak akan terlalu rumit karena sebagian besar dari isi kode di atas adalah fungsi yang tidak berhubungan dengan objek lainnya.
C. Class Diagram
Dari source code di atas, dapat dibuat class diagram-nya sebagai berikut:
D. CRC Card
Dari class diagram di atas, dapat kita buat kumpulan CRC Card yang menggambarkan kelas-kelas di atas sebagai berikut:
E. Use Case Diagram
Dari CRC Card yang ada dapat kita buat Use Case Diagram dari program Tetris ini. Di Use Case Diagram ini, akan terdapat dua aktor, yaitu Player dan Computer/CPU
F. Activity Diagram
Untuk yang terakhir, dari data yang ada kita dapat membuat Activity Diagram yang menggambarkan alur kerja dari game Tetris sebagai berikut:
Gambar full size dapat dilihat di github.com/antoniuskevin/pplkelasc
Catatan:
- Pembuatan diagram menggunakan software "Star UML", Microsoft Excel, Paint, dan situs web draw.io
Untuk yang terakhir, dari data yang ada kita dapat membuat Activity Diagram yang menggambarkan alur kerja dari game Tetris sebagai berikut:
Gambar full size dapat dilihat di github.com/antoniuskevin/pplkelasc
- Pembuatan diagram menggunakan software "Star UML", Microsoft Excel, Paint, dan situs web draw.io
No comments:
Post a Comment