A. Penjelasan Singkat
Interpreter adalah salah satu jenis design pattern yang cara kerjanya adalah menerjemahkan (interpreting) suatu kalimat atau ekspresi menjadi sebuah masukkan yang akan menghasilkan perilaku tertentu. Design pattern ini digunakan dalam sistem yang dimana menerjemahkan suatu kalimat menjadi sangat vital dalam fungsi kerjanya, seperti dalam penrjemahan perintah SQL, dimana inputnya merupakan sebuah kalimat utuh.
B. Contoh Struktur (Class Diagram) yang Digunakan
Untuk lebih jelasnya, kita akan mencoba membuat sebuah struktur program sebuah interpreter sederhana dan mengimplementasikannya menjadi sebuah program jadi dalam bahasa Java. Disini akan digunakan contoh dari Tutorialspoint (di sini). Struktur program yang akan kita buat dalam bentuk class diagram dapat dilihat sebagai berikut:
Dalam contoh tersebut kita akan membuat sebuah program sederhana yang dapat menerjemahkan expresi logika "or" dan "and" Kelas utama dalam program ini adalah kelas InterpreterPatternDemo yang didalamnya terdapat fungsi main dari program ini. Kelas tersebut akan menggunakan kelas Expression, TerminalExpression, OrExpression, dan AndExpression. Kelas TerminalExpression, OrExpression, dan AndExpression merupakan turunan dari kelas Expression.
C. Source Code
Untuk source code yang digunakan dalam contoh ini dapat dilihat di sini atau dari sumbernya di Tutorialspoint (di sini)
D. Contoh Output
Dari source code pada link di atas, akan dihasilkan output sebagai berikut:
(Catatan: dalam contoh ini, input dan aturan dalam "or dan "and" sudah di-hardcode dalam program)
Sumber:
- https://www.tutorialspoint.com/design_pattern
- https://www.tutorialspoint.com/design_pattern/interpreter_pattern.htm
No comments:
Post a Comment